Membatasi Panjang/Banyaknya Inputan dari OnKeyPress di Edit Text

Salam,

Kali ini saya akan membahas mengani bagimana membatasi panjang/banyaknya inputan pada Edit text melalui OnKeyPress di pemrograman Delphi7.

Simplenya adalah pada saat kursor diletakkan pada Edit text, maka program akan memunculkan tindakan, entah pesan, ataupun action sesuai programmer.

Pada postingan saya sebelumnya saya membahas bagaimana membatasi jenis inputan dari OnKeyPress, dapat Anda baca di sini.

Semoga contoh berikut membantu.

1. Saya telah mempersiapkan form desain seperti ini:

Untitled-11 copy

2. Klik Edit text, lalu arahkan pointer ke Object Inspector, klik Event yang berada di sebelah Properties, cari OnKeyPress, double klik dan akan tampil halaman unit untuk memulai pengkodean [read : coding]. Letakkan kursor di antara ‘begin‘ dan ‘end’ untuk memulai.

Kali ini saya akan melanjutkan dari postingan saya sebelumnya .

Untitled-12 copy

3. Ketikkan kode berikut,

Lihat Kode untuk membatasi panjang/banyaknya inputan.

Pada kasus ini adalah,

Edit text hanya dapat menerima inputan 12 angka, apabila lebih, maka akan muncul pesan peringatan.

Untitled-16 copy

4. Running Program, dan kali ini saya menekan angka ‘1234567890123’ dimana angka-angka tersebut berjumlah 13 digit, maka akan muncul :

Untitled-14 copy

namun apabila hanya ‘123456789012’ dimana angka-angka tersebut berjumlah 12 digit, maka program tidak akan muncul error, karena pada pengkodean, dituliskan ‘>=12’  yang artinya Lebih atau Samadengan 12,  namun apabila hanya ‘>12′ maka 13 digit dapat dimasukkan.

Baik, sampai disini pembahasan saya mengenai membatasi banyak/panjangnya inputan pada OnKeyPress Edit text di Delphi7, kurang lebihnya, silahkan berkreatifitas sendiri 🙂

Semangat Belajar 🙂

Terimakasih Sudah Bertamu 🙂

 

 

 

 

Leave a Reply

