Cara Agar Tetap Bisa Menabung-Untuk Anak Kos

Salam,

Hai, Hoppers

Anak kos, merupakan fenomena dimana kebanyakan yang mengalami hal ini adalah mereka yang harus membiayai kehidupan 2x, kuliah dan makan, kerja – kuliah – makan, dan role of life kebanyakan orang akan selalu seperti itu, yang mengakibatan uang yang didapat dari kiriman orangtua maupun hasil kerja partime maupun tetap berputar, sehingga untuk menyisakan sedikit uang di dalam buku rekening/celengan ayam ada saja alasanya.

Nah, kali ini Holahope akan berbagi tips untuk kamu agar tetap bisa menabung, meskipun bagi kamu yang masih kuliah, kuliah dan partime, maupun yang kerja namun tetap belum bisa menabung :

  1. Niatkan Mulai Dari Sekarang !
    Bantu diri untuk mempersiapkan mental menabung, yah, karena banyak orang beralasan mengapa mereka tidak menabung. Paksa diri, ajak diri.
  2. Persiapkan Alat dan Bahan !
    Eits ! Kita tidak sedang memasak ya Hoppers. Alat dan bahan disini merupakan apa yang akan kamu gunakan untuk menabung. Lupakan tentang buku rekening terlebih dahulu. Siapkan toples, atau botol bekas air mineral, lobangi seperti celengan di atasnya.
  3. Siapkan Caramu Masing-Masing- Setiap habis belanja atau jajan, jangan buang uang receh!
    Masukkan ke celengan botol air mineral. Buatlah sesering mungkin dan setiap hari. Targetkan setiap hari minimal Rp 500,- dan kamu bisa panen paling tidak Rp 180.000,- dalam setahun, usaha yang lumayan.- Tingkatkan dengan menambah 1 botol lagi untuk memisahkan recehan,
    agar kamu dapat dengan mudah menghitung nantinya, seperti 1 botol untuk uang Rp 500,- dan Rp 1000,- dan 1 botol lagi untuk uang Rp 100,- dan Rp 200,-

    Cobalah untuk menyisihkan uang kertas,
    siapkan toples, tabung uangmu setiap hari secara menaik, missalkan tanggal 1 kamu menabung Rp 1000,- tanggal 2 Rp 2000,- dan seterusnya, lalu panen sesuai keinginanmu, misalkan 1 bulan sekali, 2 bulan sekali dan masukkan ke rekeningmu untuk tabungan dimasa datang.

    Pisahkan dengan kebutuhan tertentu !
    Misalkan bulan ini kamu berencana ingin membeli sepatu seharga sekian ratus ribu, siapkan toples tersendiri dan atur tabunganmu.
    Atau bagi kamu yang berencana menikah, tetap siapkan toples, dan tingkatkan menabungmu, seperti sehari Rp 10.000,00, atau berapapun, baru lah dimasukkan ke rekening tersendiri agart tidak tercampur dengan kebutuhan sehari-hari.

    Bagi yang masih menerima kiriman orangtua,
    untuk kamu yang masih menerima kiriman orangtua, setiap kiriman datang, pisahkan dan jangan dihabiskan dulu seluruhnya ya Hoppers, misalkan kamu menyisihkan setengahnya untuk tetap direkening atau ditabung.

    Ingat 10% ada hak untuk ‘Mereka’
    Nah, kenapa harus 10% bukan 2,5% ? Hal ini agar nantinya kembali ke kamu juga 10%. Logikanya, jika kita bersedekan 5000, maka akan kembali ke kita 50.000, sudah banyak bukti, dan tidak akan membuat miskin juga kok Hoppers 🙂 bersedekah tetap membuat kaya dengan ikhlas 🙂

Baik, sekian dulu ya Hoppers. Intinya, menabung itu menyisihkan sedikit uang untuk dipanen saat kebutuhan kita. Paksa diri untuk tetap ingat, bahwa kita akan tetap membutuhkan alat transaksi berupa uang setiap hari, setiap kebutuhan, tanpa alasan. Dan, kita mempunyai cara tersendiri untuk menabung.

Terimakasih sudah bertamu 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s