Part 06 – Pak, Buk, Saya Lulus!

“Pasti ada cinta dan doa siapapun yang sempat kau doakan. Berdoalah, sebentar, mengingat, dan menolong, Tuhan bersamamu”

2015

Saya tidak pernah menyangka, apapun yang saya idamkan akan terwujud hanya dengan tulisan.

Percaya atau tidak, 2012 lalu, saya menulis di kertas yang sampai saat ini masih saya simpan rapi di bawah taplak meja belajar.

“LULUS 2015”

Ternyata Tuhan mengabulkan, sesuai dengan harapan dan proses saya. Proses ombang-ambingnya masa kuliah yang tidak seperti mahasiswa pada umumnya yang bisa selfie ria setiap hari.

Proses yang mengerjakan setiap tugas dengan tangan sendiri meski tidak tahu alurnya.

Proses dimana pekerjaan yang dikerjakan selama 2 minggu sampai larut pagi dicontek teman hanya dalam waktu 2 jam.

Proses mencari pekerjaan selama kuliah yang tidak mau bergantung kepada siapapun, termasuk uang beasiswa.

Proses saya dengan David memperjuangkan agar wisuda tidak bayar sepeserpun, dan proses hidup lain, yang saya kira kuliah ini abnormal, benar benar abnormal, tidak seperti yang lain, yang dapat jajan ice cream kapan saja, belanja baju hitz seenaknya, seperti orangtua tidak bekerja hanya panen uang setiap harinya.

Proses rumit yang menyandang status mahasiswa dimasanya.

Bye status mahasiswa, kini status saya mulai menjadi jobseeker. Cari pekerjaan yang sesuai apa yang saya mau, apa yang orangtua harapkan. Lagi-lagi agar orangtua bangga pas ditanya anaknya kerja dimana.

Jawabannya sama, agar orangtua tidak malu menyekolahkan anaknya tinggi-tinggi dan jauh-jauh.

Lamaran dimulai! CV dirapikan! Baju dan Blezer di setrika serapi mungkin!

Leave a Reply

